EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PARADIGMA PALEMBANG

AHMAD SYAIFUSSIDDIQIN, NIM. 11 21 0010 (2018) EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
AHMAD SYAIFUSSIDDIQIN (11 21 0010).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Paradigma Palembang”. Metode demonstrasi adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Dengan menggunakan metode demonstrasi, guru telah memfungsikan seluruh alat indera murid, karena proses belajar-mengajar dan pembelajaran yang efektif adalah bila guru mampu memfungsikan seluruh panca indera murid. Kenyataan yang ada di MTs Paradigma Palembang, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran yang digunakan guru di sekolah tersebut cenderung monoton dan membosankan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang efektivitas penerapan metode demonstrasi dalam meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Paradigma Palembang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama‟ dan Qashar kelas VII MTs Paradigma Palembang?, Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama‟ dan Qashar Kelas VII MTs Paradigma Palembang?, Bagaimana Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama‟ dan Qashar Kelas VII MTs Paradigma Palembang?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.a dan VII.b MTs Paradigma Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, pretest-postest, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh t 0 sebesar 24. Perhitungan t 0 dengan membandingkan t t baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,06 < 24 > 3,45. Dengan demikian, berarti H a yang berbunyi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif (X) dengan kelompok yang tidak menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif (Y) dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Paradigma Palembang diterima dan H O ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:27
Last Modified: 14 Feb 2019 08:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item