ZELVIANA, NIM. 14270148 (2018) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
ZELVIANA (14270148).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi Profesional guru merupakan seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar ia dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban tugas mengajarnya secara bertanggung jawab dan layak, melalui kegiatan belajar mengajar dikelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Mengacu dari uraian tersebut, penulis termotivasi melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang”. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hubungan kompetensi profesional guru dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di MI Hijriyah II Palembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kantitatif, dengann sumber data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 40 siswa kelas IV C dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data yang telah terkumpul dianalisa menggunakan rumus TSR, Presentase dan product moment. Hasil penelitian yang pertama dalam penelitian ini yaitu, kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan di MI Hijriyah II Palembang tergolong sedang yaitu 57, 5 % (23 orang). Kedua, aktivitas belajar siswa kelas IV C di MI Hijriyah II Palembang juga berada dalam kategori sedang dengan 55 % (22 orang). Ketiga, setelah dianalisa data antara kompetensi profesional guru dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MI Hijriyah II Palembang di peroleh hasil r xy = 0,994, untuk memberikan interpretasi terhadap r xy maka lihat harga “r” tabel. Diperoleh “r” tabel pada taraf signifikan 5 % = 0,320 dan pada taraf signifikan 1 %=0,413 atau dapat ditulis 5 % <r xy >1% maka 0,320<0,994>0,413. Melihat hasil r xy lebih besar dari pada taraf signifikan baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1 % maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Aktivitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:27 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:27 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3295 |
Actions (login required)
View Item |