STUDI TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII.A DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AHLIYAH 1 PALEMBANG

WARDATUL KHOLIFAH, NIM. 13210290 (2018) STUDI TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII.A DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AHLIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WARDATUL KHOLIFAH (13210290).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Studi Tentang Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VII.A di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ahliyah 1 Palembang”. karena Pendidikan membaca Al-Qur‟an merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari pokok ajaran Islam, karena membaca Al-Qur‟an tidaklah mudah, pada kenyataanya kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa MTs Ahliyah 1 Palembang yang tergolong sedang karena dari sampel 25 responden, yang termasuk kategori tinggi 5 orang responden (20%) tergolong kategori sedang 15 orang responden (60%) dan yang tergolong kategori rendah 5 orang responden (20%) sebagaimana yang diharapkan dan seharusnya MTs Ahliyah harus lebih menekankan lagi dalam membaca Al-Qur‟an karena hal itulah yang membedakan sekolah SMP dan sekolah lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya minat dan aktivitas siswa dalam belajar membaca Al-Qur‟an, kurangnya waktu, sarana dan pasilitas serta kurang mendukungnya lingkungan masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan ditentukan dalam penelitian ini untuk mengetahui kegiatan membaca Al-Qur‟an di MTs Ahliyah 1 Palembang, untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur‟an di MTs Ahliyah 1 Palembang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidak mampuan para siswa MTs Ahliyah dalam membaca Al-Qur‟an, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif artinya pendekatan yang dilakukan dengan menjelaskan, menggambarkan, dan menguraikan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kegiatan membaca Al- Qur‟an di MTs Ahliyah 1 Palembang, mengetahui kemampuan membaca Al-Qur‟an di MTs Ahliyah 1 Palembang, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan para siswa MTs Ahliyah dalam membaca Al-Qur‟an.adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.A di MTs Ahliyah 1 Palembang dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa MTs Ahliyah 1 Palembang dapat digolongkan sedang, kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII.A di MTs Ahliyah 1 palembang ini dapat dikategorikan sedang, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII.A di MTs Ahliyah 1 Palembang yaitu, siswa kurang bersemangat atau malas untuk membaca Al-Qur‟an, minat, bakat dan motivasi. Berdasarkan 25 responden, kemampuan membaca Al-Qur‟an pada kela VII.A yang termasuk kategori tinggi 5 orang responden (20%) yang tergolongkategori sedang 15 orang responden (60%) dan yang tergolong kategori rendah (20%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:30
Last Modified: 14 Feb 2019 08:30
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item View Item