PENGGUNAAN MEDIA GLOBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG (Skripsi)

Monando, Petriski (2016) PENGGUNAAN MEDIA GLOBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Petriski Monando_TarPGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Media Globe dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini jarang menggunakan media dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media globe dalam kegiatan pembelajaran. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan media globe untuk melihat hubungan antara penggunaan media globe dengan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media globe pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang? bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan media globe pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang? Bagaimana hubungan antara penggunaan media globe dengan hasil belajar siswa kelas V.B pada mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Buatan di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan media globe. untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media globe, dan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media globe dengan hasil belajar siswa kelas V.B pada mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Buatan di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 277 orang yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 6. Sedangkan sampelnya berjumlah 17 orang yaitu kelas V.B yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama penggunaan media globe pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang dari hasil observasi guru semua indikator terlaksana dan dari hasil observasi siswa tergolong baik. Kedua hasil belajar siswa (pretest) sebelum menggunakan media globe memiliki rata-rata nilai 58,82 dan hasil belajar siswa (posttest) setelah menggunakan media globe memiliki rata-rata nilai 84,70. Ketiga dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji ”t” di dapatkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 9,08) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (tt.ts.5% = 2,12 dan tt.ts.1% = 2,92) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt yaitu 2,12 < 9,08 > 2,92. Dengan demikian dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan rumus test t diatas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media globe dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Globe, Meningkatkan Hasil Belajar, penelitian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:03
Last Modified: 26 Apr 2016 05:03
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item