POLA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG

Robi Awaludin, NIM. 1581187 (2018) POLA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ROBI AWALUDIN (1581187).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Meningkatnya demoralisasi anak dan remaja semakin meningkat menjadi kegelisahan oleh berbagai pihak. Banyak prilaku anak dan remaja telah melanggar norma-norma agama, seperti: berkurangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, menurunya semangat belajar dan lain-lain. Hal ini menggugah keprihatinan dari banyak kalangan, termasuk SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang telah berupaya pembentukan karakter siswa yang baik untuk mengantisipasi agar demoralisasi remaja tersebut tidak terjadi pada anak-anak didikanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pola pembentukan karakter yang diterapkan di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang, dengan sub fokus penelitian: (1) Karakteristik Pembentukan Karakter Keagamaan/Religiusitas di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang, (2) Karakteristik Pembentukan Karakter Personaliti/diri sendiri di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang, (3) Karakteristik Pembentukan Karakter Sosial/sesama di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang, (4) Karakteristik Pembentukan Karakter Nasionalis/Kebangsaan di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru kelas, siswa dan orang tua/wali. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter siswa yang dikembangkan di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang bersumber dari nilai- nilai yang meliputi: Nilai karakter dalam hubungannya dengan Keagamaan/Religiusitas, Nilai karakter dalam hubungannya dengan personality/diri sendiri, Nilai karakter dalam hubungannya dengan sosial/sesama dan lingkungan, dan Nilai nasionalis/kebangsaan. (2) pola pembentukan karakter siswa di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang diselenggarakan dengan pendekatan terpadu yang bertumpu pada tiga pilar/komponen, yaitu Pengembangan program dan kebijakan sekolah, Program pembelajaran, Kemitraan dengan wali siswa. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang berupa proposisi, (1) apabila pendidikan karakter didasarkan pada visi dan misi yang jelas, rumusan karakter dasar yang detail, prinsip-prinsip yang kuat dan metode-metode yang tepat, maka akan berjalan secara efektif dan efisien. (2) bahwa apabila pola pembentukan karakter di dasarkan pada pendekatan terpadu, dengan melibatkan peran dan tanggung jawab semua komponen pendidikan di sekolah dan peran sera orang tua di rumah, maka akan berjalan efektif dan efisien. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:31
Last Modified: 14 Feb 2019 08:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item