HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH 4 PALEMBANG

Susan Safitri, Nim. 14270126 (2018) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUSAN SAFITRI (14270126).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 4 Palembang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriftif kuantitatif.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V MI Ahliyah 4 Palembang berjumlah sampel 18 orang.Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi ,tes, angket ,dan dokumentasi.Sumber data adalah siswa dan guru.Analisis data penelitian ini adalah menggunakan rumus product moment. Gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V MI Ahliyah 4 Palembang mempunyai lima gaya belajar, yaitu gaya belajar auditorial berjumlah 5 orang, visual 4 orang, kinestetik 2 orang, visual-kinestetik 4 orang, danauditorial-kinestetik 3 orang. Pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 4 Palembang dengan gaya belajar auditorial mendapatkan nilai85 satu orang dannilai 70 lima orang,maka nilai rata-ratanya 73, gaya belajar visual mendapatkan nilai 80 satu orang, nilai 60 satu orang, nilai 85 satu orang, dan nilai 75 satu orang, maka nilai rata-ratanya 75,gaya belajar kinestetik mendapatkan nilai 80 dua orang, maka nilai rata-ratanya 80,gaya belajar ganda yaitu visual-kinestetik mendapatkan nilai 65 satu orang, nilai 60 satu orang, nilai 55 satu orang,dan nilai 50 satu orang, makanilai rata-ratanya 57,5. Kemudian gaya belajar auditorial-kinestetik mendapatkan nilai50 satu orang, nilai 25 satu orang, nilai 40 satu orang, makanilai rata ratanya 38,3. Hubungan gaya belajar dengan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 4 Palembang berdasarkan skor nilai hasil angket dan post-test dapat diberikan interprestasi terhadap

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:31
Last Modified: 14 Feb 2019 08:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item