Safitri, Emi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV YANG MENERAPKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN YANG MENERAPKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen ini dilakukan di MI Muhajirin Palembang, Pembelajaran IPA sangat menarik sekali jika disampaikan dengan model pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction dan yang menerapkan model picture and picture pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Muhajirin Palembang, lalu apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas IV yang menerapkan model picture and picture dan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Muhajirin Palembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Menggunakan metode eksperimen dengan desain intact group compparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa semester ganjil MI Muhajirin Palembang yang berjumlah 184 Siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas IV Yng berjumlah 20 Siswa. Berhubung kelas IV tidak mempuyai kelas pararel, maka peneliti membagi siswa kelas IV menjadi 2 kelompok yakni kelompok eksperimen (menerapkan model explicit instruction) dan kelompok kontrol (menerapkan model picture and picture) masing-masing berjumlah 10 siswa. Jenis data yang penulis gunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan sumber datanya adalah primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan t tes untuk mengetahui adanya perbedaan antara hasil belajar kelomppok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya yang menerapkan model explicit instruction mendapatkan mean sebesar 92. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 3 siswa (30%), skor sedang ada 5 siswa (50%) dan skor rendah ada 2 siswa (20%). 2. Hasil belajar siswa yang menerapkan model pictureand picture mendapatkan mean sebesar 75. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 3 siswa (30%), skor sedang ada 5 siswa (50%) dan skor rendah ada 2 siswa (20%). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV antara siswa yang menerapkan model explicit Instruction dan yang menerapkan model picture and picture pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya. Di MI Muhajirin Palembang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan t-tes lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf 5% maupun 1% dengan rincian 2,10 < 6,07 > 2,88 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | explicit instruction, picture and picture , Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 06:22 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 06:22 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/339 |
Actions (login required)
View Item |