PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA (GARIS BILANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG

SUHARTINI, NIM. 14270125 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA (GARIS BILANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUHARTINI (14270125).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah yang diambil dari hasil observasi lapangan tanggal 20 Oktober 2017 bahwa pelajaran yang terjadi di dalam kelas tidak menyenangkan bagi siswanya dan juga dari hasil wawancara dengan guru kelas, guru tersebut memberikan pernyataan bahwa ia mengajar dikelas masih menggunakan cara yang konvensional tanpa bantuan media. Dan juga dalam proses pembelajaran siswa kesulitan untuk menyerap pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Karena itu, berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media alat peraga (garis bilangan) di MI Nurul Qomar Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media alat peraga (garis bilangan) di MI Nurul Qomar Palembang? (3) Adakah pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media alat peraga (garis bilangan) di MI Nurul Qomar Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media alat peraga (garis bilangan) di MI Nurul Qomar Palembang, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media alat peraga (garis bilangan) di MI Nurul Qomar Palembang, untuk mengetahui adakah pengaruh media alat peraga (garis bilangan) terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Qomar Palembang. Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Pre- Experimental Design (nondesign) bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Nurul Qomar Palembang yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan TSR, dan rumus statistik uji “r” korelasi product moment. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dihitung menggunakan TSR menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media alat peraga (garis bilangan) tergolong tinggi dilihat dari nilai rata- rata (mean) yaitu 66,66. Sedangkan hasil belajar yang tidak menggunakan media alat peraga (garis bilangan) tergolong rendah (mean) yaitu 50. Dibuktikan dengan melihat perbandingan dengan uji r jika r tabel 5% < r hitung > r tabel 1% = 0,666<0,866>0,798. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media alat peraga (garis bilangan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Nurul Qomar Palembang. Katakunci: Media Alat Peraga (Garis Bilangan), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:32
Last Modified: 14 Feb 2019 08:32
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item