ANALISIS HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH IKHLASIYAH PALEMBANG

SUCI FEBRIYANTI, NIM. 13270122 (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH IKHLASIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Suci Febriyanti (13270122).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hasil Belajar Ditinjau dari Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS MI Ikhlasiyah”.Dimana Rumusan masalah yang pertama, bagaimana hasil belajar ditinjau dari dari kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ikhlasiyah?Kedua, apa faktor pendukung dan Penghambat kedisiplinan belajar siswa kelas V Mata Pelajaran IPS MI Ikhlasiyah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ditinjau dari kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ikhlasiya.Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan belajar siswa kelas V matapelajaran IPS di MI Ikhlasiyah. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar ditinjau dari kedisplinan belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS.(1) Rendahnya hasil belajar siswa kelas V di sebabkan kurang perhatian dan kedisiplinan saat proses pembelajaran yang berlangsung dikelas, hal ini terlihat pada saat guru sedang menjelaskan materi pembelajaran IPS, para siswa lebih sibuk dengan aktifitasnya sendiri. Seperti mengobrol, bermain dengan teman sebangku dan keluar masuk kelas. Sehingga pada proses belajar mengajar dikelas kurang kondusif bagi siswa dan guru. (2) Serta faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan belajar siswa itu sendiri kurangnya kesadaran dari diri siswa untuk disiplin. Karena kebanyakan dari para siswa lebih senang berkelakuan yang bebas tanpa adanya aturan yang mengikuti, sehingga perilaku mereka menjadi tidak terkendali dan tidak sesuai dengan aturan yang telah dibuat oleh sekolah. Selain itu kurangnya minat terhadap mata pelajaran IPS, sehingga siswa menjadi malas untuk belajar bahkan membuat malas untuk masuk kelas. Kata Kunci: Analisis, Hasil Belajar, Kedisiplinan Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:32
Last Modified: 14 Feb 2019 08:32
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3393

Actions (login required)

View Item View Item