UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE CARD SHORT DI KELAS I MIN 2 MODEL PALEMBANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014-2015 (Skripsi)

Habsah, Siti (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE CARD SHORT DI KELAS I MIN 2 MODEL PALEMBANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014-2015 (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena siswa Kelas IH MIN 2 Model Palembang mengalami masalah pada minat membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu banyaknya siswa yang bermain dan tidak memperhatikan saat belajar, sehingga minat membaca siswa sangat kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menggunakan model card short dapat meningkatkan minat membaca siswa Kelas IH MIN 2 Model Palembang pada pelajaran Bahasa Indonesia. Kegunaan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi tenaga pengajar khususnya pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca dapat teratasi, sehingga siswa mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakuan di Kelas IH MIN 2 Model Palembang yang pelaksanaannya sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu : tahap rencan, pelaksananaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam tindakan ini adalah seluruh siswa Kelas IH MIN 2 Model Palembang sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil penelitian sebelum perbaikan siswa yang memiliki minat tinggi hanya 1 siswa ( 3 %), pada siklus I sebanyak 13 siswa ( 39 %), dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 15 siswa (45 %). Sedangkan ketuntasan minat membaca siswa pada prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa (39 %) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 97 siswa (58 %), pada siklus I terdapat peningkatan yaitu siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa (36 %) dan siswa yang tuntas 21 siswa (64%). Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat tinggi bahwa siswa yang tuntas terdapat 33 siswa (100 %) dan siswa yang tidak tuntas terdapat 0 siswa ( 0 % ).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: minat membaca, model card short, Classroom Action Research.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:18
Last Modified: 26 Apr 2016 07:18
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item