PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-ISHLAHIYAH DESA GAUNG ASAM KEC. BELIDA DARAT KAB. MUARA ENIM

USWANA, Nim. 12290067 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-ISHLAHIYAH DESA GAUNG ASAM KEC. BELIDA DARAT KAB. MUARA ENIM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
USWANA (12290067).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim”. Selanjutnya penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru yang ada di madrasah tersebut. Namun kenyataannya di Madrasah Tsanawiyah Al- Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim, tampak sebagaian guru belum menunjukkan kinerja yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya karena masih ada guru yang kinerjanya masih rendah, antara lain guru mengajar secara monoton dan tanpa persiapan yang matang dan belum sepenuhnya menggunakan acuan kurikulum yang dipersyaratkan. Serta menurunnya tingkat kedisiplinan guru dalam mengajar, seperti guru datang tidak tepat pada waktunya dan menurunnya tingkat kehadiran guru di saat waktu belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim, dan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim, serta pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Al- Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan sensus yaitu 15 guru dari jumlah populasi yaitu 15 guru. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kondisi kepala madrasah dan guru dengan cara terjun langsung kelapangan, angket digunakan untuk memperoleh data tentang kepemimpinan kepala madrasah terhadap profesionalisme guru, sedangkan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai lokasi penelitian serta sarana dan prasarana. Tehnik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan rumus Tes ‘t’. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim terkategorikan pada taraf sedang, hal ini dapat dibuktikan dari responden yang tergolong kategori tersebut mencapai 8 responden atau (53,4%) dari 15 responden. Profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim, terkategorikan pada taraf sedang juga, hal ini dapat dibuktikan dari responden yang tergolong kategori tersebut mencapai 9 responden atau (60%) dari 15 responden. Dan selanjutnya berdasarkan hasil analisa t o sebesar 3, 476 sedangkan “t” tabel 5%=2.09 dan pada taraf 1% = 2.87. t o lebih besar dari “t” tabel artinya ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlahiyah Desa Gaung Asam Kec. Belida Darat Kab. Muara Enim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:35
Last Modified: 14 Feb 2019 08:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item