ANALISIS WACANA GERAKAN SOSIAL DALAM MENENTUKAN OPINI PUBLIK VIA TWITTER (STUDI PADA HASHTAG #BIJAKBERSOSMED PERIODE 1 SAMPAI 5 OKTOBER 2017)

Tria Agustina, NIM. 14530116 (2018) ANALISIS WACANA GERAKAN SOSIAL DALAM MENENTUKAN OPINI PUBLIK VIA TWITTER (STUDI PADA HASHTAG #BIJAKBERSOSMED PERIODE 1 SAMPAI 5 OKTOBER 2017). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tria Agustina (14530116).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Internet hadir sebagai media baru yang memberi kemudahan bagi penggunanya. Begitupula dengan Twitter yang hadir dengan fleksibilitasnya dalam menyampaikan informasi kepada siapapun yang mengakses tanpa ada batasan maupun pengawasan. Hashtag #BijakBersosmed merupakan salah satu gerakan sosial di Twitter yang menjadi trending topics pada bulan Oktober 2017. Gerakan #BijakBersosmed lahir dari keprihatinan para pegiat media sosial yang menyadari betapa media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Sayangnya, kekuatan media sosial saat ini dimanfaatkan oleh sebagian kelompok untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan, ujaran-ujaran yang tak bertanggung jawab, bahkan digunakan sebagai ladang profit bagi para produsen hoax. Peluncuran gerakan #BijakBersosmed merupakan awal dari upaya untuk melihat media sosial agar menjadi tempat untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan inovasi baru, bertukar gagasan, dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana Teun A. Van Dijk dengan sebatas menganalisis pada level teksnya saja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi teks, yakni setiap cuitan akun yang menggaungkan gerakan sosial dengan hashtag #Bijakbersosmed pada media sosial Twitter. Dilihat dari level teks, terdapat tiga tema besar yang berkaitan dengan wacana bijak dalam bermedia sosial, yaitu: Meminimalisir Penyebaran Berita Bohong (hoax), Etika dalam Menggunakan Media Sosial, dan Pesan Positif di Media Sosial. Dimana kesemua kategorisasi tersebut cenderung kesisi positif. Kesimpulannya, terdapat proses pemaknaan atas pesan yang disampaikan, yaitu melalui struktur teks (struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro) adalah penentuan opini publik melalui pesan positif mengenai bijak dalam menggunakan media sosial, kognisi sosial, dan konteks sosial. Kata Kunci: Analisis wacana, media sosial, dan opini publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:35
Last Modified: 14 Feb 2019 08:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item