PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL AMAL PANCASILA

SEPRIANDI YURWANTO, NIM. 12210226 (2018) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL AMAL PANCASILA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SEPRIANDI YURWANTO (12210226).pdf

Download (10MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penilaian Autentik dianggap mampu untuk lebih mengukur secara keseluruhan hasil belajar dari siswa karena penilaian ini menilai kemajuan belajar bukan hanya hasil tetapi juga proses dan dengan berbagai cara. Dengan kata lain sistem penilaian seperti ini dianggap lebih adil untuk siswa sebagai pembelajar, karena setiap jerih payah yang siswa hasilkan akan lebih dihargai. Melihat fenomena yang terjadi di MTs Nurul Amal Pancasila, penilaian pembelajaran yang digunakan masih menggunakan penilaian yang konvensional sehingga memungkinkan siswa bosan dan tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana hasil belajar siswa sebelum menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII MTs Nurul Amal Pancasila. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII MTs Nurul Amal Pancasila. Ketiga, adakah pengaruh yang signifikan dalam menerapkan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Nurul Amal Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Preeksperimental design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif serta menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah 60 siswa kemudian diambil sampel kelas VIII.1 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post- test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pretest posttest untuk mengetahui hasil belajar dan melakukan penilaian autentik pada setiap pertemuannya dengan melakukan tes untuk penilaian pengetahuan, observasi untuk penilaian sikap serta latihan kerja untuk penilaian keterampilan. Selanjutnya data hasil pretest posttest diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penerapan Penilaian Autentik dengan hasil belajar siswa menggunakan rumus tes “T”. Hasil belajar siswa sebelum menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII MTs Nurul Amal Pancasila bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 5 siswa (16,66%), tergolong sedang sebanyak 17 siswa (56,66%) dan tergolong rendah sebanyak 8 siswa (26,66%). Hasil belajar siswa setelah menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII MTs Nurul Amal Pancasila bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 6 siswa (20%), tergolong sedang sebanyak 20 siswa (66,66%) dan tergolong rendah sebanyak 4 siswa (13,33%). Hasil t hitung yang diperoleh sebesar 14,8 sedangkan pada taraf signifikan 5 % sebesar 2, 04 dan taraf signifikan 1 % sebesar 2, 76. Karena t hitung lebih besar dari pada t tabel dengan demikian hipotesis Alternatif diterima yaitu 2,04 < 14, 31 > 2, 76.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:35
Last Modified: 14 Feb 2019 08:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item