RAMONA, NIM. 14270096 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
RAMONA (14270096).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang Berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Al Adli Palembang. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan Model untuk menyajikan materi-materi pengajaran. ExampleS Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk diskripsi singkat mengenai apa yang ada didalam gambar. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang merapkan model Examples Non Examples pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al- Adli Palembang? Bagaiamana hasil belajar siswa di kelas kontrol yang tidak diterapkan model Examples Non Examples pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al-Adli Palembang? Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al-Adli Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang merapkan model Examples Non Examples pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al-Adli Palembang, untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas kontrol yang tidak diterapkan model Examples Non Examples pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al-Adli Palembang dan untuk mengetahui terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al-Adli Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian True-Experimental Design (eksperimen yang betul-betul) dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan data kualitatif sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari siswa,guru dan kepala madrasah dan data sekunder bersifat penunjang dalam penelitian ini. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi Pada penerapan model pembelajaran ini siswa menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t”. Karena “t 0 ” = 12,587 lebih besar dari t tabel (baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%), maka hipotesis nihil ditolak dan alternative diterima. Berarti antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok control terdapat perbedaan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Al Adli Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:35 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:35 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3480 |
Actions (login required)
View Item |