PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA YP PUNCAK GEMILANG TANJUNG RAJA KEC. TANJUNG RAJA KAB. OGAN ILIR

M. KAFSITITYUS, NIM. 10210087 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA YP PUNCAK GEMILANG TANJUNG RAJA KEC. TANJUNG RAJA KAB. OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
M. Kafsitityus (10210087).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “ Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja Kec. Tanjung Raja Kab. Ogan Ilir”. Berdasarkan Observasi awal, metode yang diterapkan mata pelajaran PAI masih menggunakan metode lama, seperti ceramah, tanya jawab, kuis, dan diskusi. Namun, model pembelajaran Mind Mapping belum diterapkan dan peneliti tertarik untuk meneliti model pembelajaran Mind Mapping karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa yang membuat siswa lebih aktif dalam belajar, materi yang dipelajari mudah diingat, dan memperluas wawasan siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja sebelum diterapkan model pembelajaran Mind Mapping?, Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping ?, Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan Model Mind Mapping di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan Model Mind Mapping di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA dengan jumlah 20 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah rumus TSR dan tes “T” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling hubungan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; Pertama, hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang berjumlah 20 orang memperoleh nilai rata-rata 48,15, dengan skor tertinggi 85 dan nilai terendah yaitu 30, sedangkan hasil belajar setelah diterapkan memperoleh nilai rata-rata 85,25, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah yaitu 40. Jadi hipotesis yang menyatakan terdapat peningkatan hasil belajar sesudah di terapkan model pembelajaran Mind Mapping dapat diterima karena“t 0 ” = 7,987 lebih besar dari t t (baik pada taraf signifikansi 5 % = 2,09 dan 1 % = 2,86) dengan rincian 2,09<7,987>2,86. Maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA YP Puncak Gemilang Tanjung Raja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:36
Last Modified: 14 Feb 2019 08:36
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item