DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

HESTI WIDYA SUSANTI, NIM. 14270047 (2018) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HESTI WIDYA SUSANTI (14270047).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian pengembangan desain media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dan guru dalam menemukan media yang tepat dalam pembelajaran pada Materi Bilangan SD/MI. Berdasarkan hasil observasi penulis dikelas III MI Al-Ihsan Palembang, diketahui bahwa siswa-siswi kelas III MI Al- Ihsan Palembang masih kurang menguasai materi pembelajaran matematika yang disampaikan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan selama proses pembelajaran guru masih terfokus pada pembelajaran konvensional atau metode ceramah. penelitian yang dillakukan lebih dikembangkan pada peningkatan keterampilan dan berpikir. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika yang layak, efektif, dan praktis digunakan. Metode yang digunakan adalah development research Jan Van De Akker dengan evaluasi formatif dari Martin Tessmer. Tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu : penelitian pendahuluan, prototype, evaluasi sumatif, dan dokumentasi.. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas III MI Al-Ihsan Palembang. Instrument yang digunakan berupa tes kognitif dan non tes (angket dan wawancara) yang telah divalidasi. Instrument tes diberikan kepada 22 siswa dan angket penilaian diberikan kepada : dua orang ahli, 22 siswa (evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, uji coba lapangan dan evaluasi sumatif), tiga orang guru kelas. Media kereta bilangan yang dihasilkan dinyatakan. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan : (1) menghasilkan desain media pembelajaran matematika yang valid dengan melihat komentar dan saran validator serta nilai kevalidan sebesar 44,25. (2) menghasilkan desain media pembelajaran matematika yang praktis dilihat dari komentar siswa pada lembar angket, dan (3) desain media pembelajaran mempunyai keefektifan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai 80 % dilihat dari keaktifan siswa. Kata kunci : Pengembangan, Desain Media, Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:23
Last Modified: 29 Jan 2019 04:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item