Azizah, Nurul (2016) HUBUNGAN ANTARA GENDER DAN GAYA BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara gender dan gaya belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang. Gaya belajar digunakan guru agar siswa mudah menyerap materi yang dipelajarinya, gaya berfikir dan belajar peserta didik akan memberi kemampuan bagi guru untuk mengelola proses pembelajaran secara lebih seksama, kondusif, dan variatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Antara siswa laki-laki dan perempuan seharusnya tidak ada perbedaan dalam dunia pendidikan, baik dalam proses maupun hasil. tetapi pada kenyataannya siswa perempuan selalu mendominasi peringkat kelas. selain itu, pada saat kegiatan pembelajaran siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi pelajaran, sehingga membuat mereka tidak memahami materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan gender siswa, bagaimana gaya belajar siswa, dan apakah ada hubungan antara gender dan gaya belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi gender siswa, untuk mengetahui gaya belajar siswa dan untuk mengetahui hubungan signifikan antara gender dan gaya belajar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi, yakni melihat hubungan antara variabel yang diteliti. Dengan metode ini diharapkan dapat menemukan hubungan antara gender dan gaya belajar siswa. Dengan jenis penelitian deskribtif kuantitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah populasi sebanyak 161 siswa, sedangkann sampel yang diambil berjumlah 37 orang sebanyak 14,30%. Instrument penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner) dalam bentuk pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan dengan analisis korelasi Product Moment. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah gender (X) dan gaya belajar (Y). hasil penelitian dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa nilai rxy = 0,987 terletak antara 0,90 – 100 berarti berada pada arah yang positif. Sedangkan uji signifikan 5 % sebesar 0,325 , dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,418 dengan demikian rxy lebih tinggi daripada rt, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan kata lain (Ho) Hipotesis Nol ditolak sehingga (Ha) Hipotesis Alternatif diterima. Jadi terhadap hubungan yang positif dan signifikan antara gender dan gaya belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gender, Gaya belajar, proses pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 04:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 04:36 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/356 |
Actions (login required)
View Item |