KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 1 RAMBANG DANGKU

JESIKA AGNES MONIKA, NIM. 13210133 (2018) KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 1 RAMBANG DANGKU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
JESIKA AGNES MONIKA (13210133).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pengelolaan kelas adalah tugas seorang guru dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas yang baik diharapkan mampu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal agar peserta didik merasa nyaman, saling memiliki dan betah belajar di dalam kelas. Dengan kondisi tersebut diharapkan prestasi dan minat belajar siswa bisa meningkat dalam proses belajar mengajar. Meningkatnya minat belajar siswa akan dapat tercapai apabila pengelolaan kelas dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa di SMAN 1 Rambang Dangku. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pengelolaan kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku? kedua, bagaimana minat belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku? dan ketiga adakah korelasi yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku? Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif, sesuatu penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Analisa data penelitian ini menggunakan rumus statistik mencari angka indeks korelasi “r” Product Moment itu perhitungannya didasarkan pada Deviasi Standar Hasil analisa data statistik menujukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil r xy = 0,679, untuk memberikan interprestasi terhadap r xy maka kita lihat “r” tabel. Setelah diperoleh harga “r” tabel (r tabel ) pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,325 dan untuk taraf signifikansi 1% yaitu 0,418. Dengan istilah lain: r tabel pada t.s 5% = 0,325. r tabel pada t.s 1% = 0,418. Seperti yang telah diketahui, r xy yang diperoleh adalah 0,679 sedangakn r tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,325 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,418 maka r xy dibandingkan r tabel yaitu 0,325<0,679>0,418. Berdasarkan hasil perhitungan di atas, ternyata baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% nilai r xy lebih besar dari r tabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:24
Last Modified: 06 Feb 2019 07:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item View Item