HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIYAH IV PALEMBANG (Skripsi)

Sari, Siti Wulan (2016) HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIYAH IV PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat profesionalisme guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang. Bagaimana prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang. Apakah ada hubungan antara profesionalisme guru kelas dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I – V Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 188 siswa. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil 18 % dari jumlah populasi yaitu 34 siswa dan hanya 28 sampel yang berhasil terkumpul. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif deskriptif yang menyangkut hasil angket yang telah disebarkan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang yang dijadikan sampel dalam penelitian, data kualitatif meliputi data yang diperoleh dari dokumentasi Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang dan prestasi belajar siswa. Jenis data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber utama atau pokok yang diddapat dari penyebaran angket siswa yang dijadikan sampel penelitian dan dokumentasi rapot siswa Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang. Sedangkan data sekunder adalah yang bersifat penunjang dalam penelitian ini seperti kepala sekolah, guru-guru, tenaga administrasi dan buku yang relevan, lingkungan, sarana sekolah dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian bahwa profesionalisme guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang dalam kategori sedang dan prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang juga dalam kategori sedang. Berdasarkan analisa statistik Terdapat hubungan yang positif signifikan antara profesionalisme guru kelas dengan prestasi belajar siswa, karena dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,842) yang besarnya berkisar antara 0,70 – 0,90 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y adalah termasuk korelasi positif yang kuat atau tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah IV Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik profesionalisme guru kelas maka semakin baik pula prestasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, prestasi belajar, korelasi product moment.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:01
Last Modified: 27 Apr 2016 05:01
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item