PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KEMU KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OKU SELATAN (Skripsi)

Ferianti, Fera (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KEMU KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OKU SELATAN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Fera Ferianti_TarPGMI.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata adalah pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Tebak kata dapat dijadikan model alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya Perumusan masalah dalam skripsi ini pertama bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kemu kecamatan Pulau Beringin kabupaten OKU Selatan? kedua bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata? ketiga Apakah terdapat perbedaan penerapan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kemu kecamatan Pulau Beringin kabupaten OKU Selatan Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, peneliti hanya mengambil kelas IV sebagai sampel penelitian yang berjumlah 23 siswa. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi, wawancara, metode test dan dokumentasi. Sedangkan rumus yang digunakan adaalah rumus uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwasanya hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Cooperative Learning tipe tebak kata masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang mendapat nilai tinggi (58 keatas) pre-test sebanyak 5 orang (21,74%), nilai sedang (37-57) sebanyak 16 orang (69,56%), dan nilai rendah (36 kebawah) sebanyak 2 orang (8,7 %). Dan hasil belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran tebak kata yang memperoleh nilai tinggi (98 keatas) sebanyak 8 orang (34,78%), nilai sedang (88-97) sebanyak 7 orang (30,44%) dan mendapatkan nilai rendah (86 kebawah) sebanyak 8 orang (34,78%). Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menyatakan Ho tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa ditolak dan Ha menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa diterima. Hal ini dapat dilihat dari 2,07 < 17,42 > 2,82. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata dapat diandalkan sebagai metode yang baik untuk mengajarkan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe, model pembelajaran, tebak kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:26
Last Modified: 27 Apr 2016 07:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item