PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI BANGSA NEGARA OKU TIMUR

SITI AISYAH, NIM. 14270118 (2018) PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI BANGSA NEGARA OKU TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SITI AISYAH (14270118).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Seringkali siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal pada materi pelajaran matematika secara tuntas, yang disebabkan oleh ketidakmampuan siswa memahami atau mengingat konsep-konsep dasar matematika yang pernah dipelajari sebelumnya. Sehingga hasil belajar yang dicapai siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diberikan perlakuan khusus, seperti program remedial. Penelitian ini berjudul ―Pelaksanaan Program Remedial Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur‖. Program Remedial merupakan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru dalam upaya memberikan bantuan kepada para siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga hasil belajar dapat mencapai standar kriteria ketuntasan minimum. Ketuntasan belajar merupakan pencapaian hasil belajar yang ditetapkan dengan ukuran atau tingkat pencapaian kompetensi yang memadai dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai prasyarat penguasaan kompetensi lebih lanjut. Matematika merupakan ilmu yang paling fundamental dari berbagai cabang ilmu pengetahuan, dimana matematika mempunyai peranan yang cukup penting dalam berbagai bidang kehidupan, dan merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah. Permalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan program remedial untuk mencapai ketuntasan belajar siswa mata pelajaran matematika di SD Negeri Bangsa Negara OKU Timur? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelakasanaan program remedial untuk mencapai ketuntasan belajar siswa mata pelajaran matematika di SD Negeri Bangsa Negara OKU Timur?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program remedial yang dilakukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar siswa dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program remedial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitin ini memaparkan data yang berupa penjelasan deskripsi analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Program remedial untuk mencapai ketuntasan belajar mata pelajaran matematika yang dilakukan guru dalam mengatasi kecapaian siswa kelas II-VI SD Negeri Bangsa Negara OKU Timur, tindakan guru pada perencanaan yaitu guru menyiapkan RPP, menentukan jumlah siswa yang remedial, alokasi waktu pelaksanaan remedial dilakukan pada jam pelajaran. Pelaksanaan program remedial sudah berjalan dengan baik tetapi waktu pelaksanaan remedial terbatas pada saat jam pembelajaran berlangsung. Hasil dari pelaksanaan remedial ialah nilai peserta didik telah mencapai standar KKM. (2) Faktor pendukung terlaksananya program remedial untuk membantu menuntaskan nilai peserta didik yang belum mencapai KKM dan subjek utamanya peserta didik, fasilitas yang memadai dan situasi yang kondusif saat proses pelaksanaan remedial berlangsung. Faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu yang digunakan untuk melaksanakan remedial, dan kemampuan berpikir siswa yang rendah. Kata Kunci: Program Remedial, Ketuntasan Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:44
Last Modified: 13 Feb 2019 07:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item