INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 1 PEMULUTAN KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR

Syaripatunnuzul, NIM. 14210328 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 1 PEMULUTAN KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 1 Pemulutan Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu guru Pendidikan Agama Islam, sumber data sekunder yang berasal dari wawancara kepala sekolah, siswa, dan pihak terkait. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan sehingga mendapat data yang valid. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : Dalam proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (Nilai‘itiqodiyah, nilai ‘amaliyah, dan nilai khuluqiyah) dalam hal ini guru menggunakan beberapa strategi yaitu Pergaulan, Keteladanan, Pemberian Nasihat, dan Pembiasaan. Faktor pendukung dalam menunjang keberhasilan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam siswa diantaranya faktor internal (diri siswa itu sendiri), dan faktor eksternal ( keluarga, sekolah, lingkungan), serta sarana dan prasarana di sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambat di antaranya : 1) terbatasnya pengawasan pihak sekolah. 2) kesadaran para siswa, 3) kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, guna menunjang proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam. Sedangkan guru dalam mengupayakan faktor pendukung dan penghambat yaitu dengan cara senantiasa mengingatkan dan memberikan nasehat kepada siswa, mengadakan kegiatan pembinaan seperti kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan, memberikan contoh yang baik kepada siswa, menjalin komunikasi dan hubungan yang baik antara guru, wali murid dan siswa, meminimalisir kekurangan sarana dan prasarana yang ada, melanjutkan program pembinaan yang ada di sekolah, mengadakan pertemuan antara guru dan wali murid, memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada untuk menutupi kekurangan dalam proses internalisasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:09
Last Modified: 14 Feb 2019 01:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item