PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

SEPTIAN NAULI, NIM. 14270115 (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SEPTIAN NAULI (14270115).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Ma’had Islamy Palembang. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor. Untuk mengetahui kompetensi profesional guru. Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Ma’had Islamy Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menjelaskan dan menggambarkan kondisi yang ada dilapangan secara deskriptif atau dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Pada penelitian ini subjek yang diteliti yaitu kepala MI Ma’had Islamy Palembang dengan cara teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan Kepala Madrasah Ibtida’iyah Ma’had Islamy Palembang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi,penyajian, dan penarikan kesimpulan sehingga diperoleh data hasil penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepala madrasah memiliki peran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Hal tersebut terlihat dari berbagai upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru mulai dari peran kepala madrasah sebagai supervisor yang melakukan koordinator dengan cara berperan dalam merencanakan sistem pembelajaran,konsultan dengan cara membantu guru dengan memberikan masukan ketika guru berkonsultasi tentang masalah yang terjadi dalam proses belajar mengajar, pemimpin kelompok dengan cara berupaya dalam memberikan kesejahteraan pada guru agar dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya dan evaluator dengan cara mengevaluasi kinerja guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya dan meningkatkan kualitas peserta didiknya. Kata kunci: kepala madrasah sebagai supervisor, kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:42
Last Modified: 14 Feb 2019 07:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item View Item