PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-ADLI PALEMBANG

SEPTI KUMALA SARI, NIM. 14270114 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SEPTI KUMALA SARI (14270114).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentenceterhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Adli Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Complete Sentenceterhdaphasil belajar siswa . Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapanmodel pembelajaran Complete Sentencepada mata pelajaranbahasa Indonesia di kelas III MI Al-Adli Palembang?Bagaimana hasil belajar siswa dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaranComplete Sentece pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI Al-Adli Palembang ?Apakah ada pengaruh model pembelajaran Complete Sentnce terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI Al-Adli Palembang? Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini memaparkan data yang berupa penjelasan dan data berupa angka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Al-Adli Palembang yang berjumlah 61 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada yakni kelas III berjumlah 61. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa uji tes “t” sampel besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaranbahasa Indonesia, hal ini dapat dilihat dari uji hipotesisnya dari sebesar (t o = 6,32) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t ( =2,00 dan = 2,65) maka dapat diketahui bahwa t o adalah lebih besar pada t t yaitu 2,09< 6,32> 2,83. Dengan demikian t o lebih besar dari pada t t baik dari taraf signifikan 5% maupun tarif signifikan 1%. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) artinya terdapat pengaruh yang signifikan saat menggunakan model pembelajaran Complete Sentence terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di MI Al-Adli Palembang. Kata kunci:Model Pembelajaran Complete Sentence, Hasil Belajar, dan bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:19
Last Modified: 15 Feb 2019 01:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item