PERAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROPAGANDA PADA KASUS BENDERA INDONESIA TERBALIK DI SEA GAMES 2017 STUDI KASUS MAHASISWA UIN JURUSAN JURNALISTIK ANGKATAN 2014

MUHAMAD AMIN, NIM. 14530065 (2018) PERAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROPAGANDA PADA KASUS BENDERA INDONESIA TERBALIK DI SEA GAMES 2017 STUDI KASUS MAHASISWA UIN JURUSAN JURNALISTIK ANGKATAN 2014. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
MUHAMAD AMIN (14530065).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Kasus Bendera Indonesia yang terbalik di buku pedoman Sea Games 2017 di Malaysia menjadi tranding topic di media sosial, salah satunya di Instagram, hal tersebut menuai pro dan kontra di masyarakat, sehigga peneliti mencoba meneliti kasus tersebut dengan judul Penelitian Peran Instagram sebagai media propanda pada kasus bendera Indonesia terbalik di Sea Games 2017 (Studi kasus mahasiawa UIN Raden Fatah jurusan Jurnalistik 2014), dengan rumusan masalah bagaimana peran Instagram sebagai media propaganda dan bagaimana prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran Instagram sebagai alat propaganda dan bagaimana proses propaganda dalam Instagram itu sendiri. Sebagai dasar penelitian, penelitian ini menggunakan dasar teori Prof. Dr.H.C.J. Duykur yang memberikan rumusan menggunakan berbagai lambang untuk mempengaruhi pikiran atau perasaan manusia sedemikian rupa. Sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan data sekunder, yang mana sistem mendapatkan data yang akurat dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan di analisa dengan metode deskriptif kualitatif yaitu menguraikan, menjelaskan secara mendalam seluruh permasalahan yang dirumuskan dalam pokok masalah secara tegas dan jelas, sehingga penelitian dapat dipahami dengan mudah. Kemudian disajikan dalam bentuk motode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh secara observasi dan wawancara adalah pertama, setelah melihat unggahan gambar di Instagram ada perubahan sikap yang terjadi terhadap mahasiswa jurnalistik 2014, seperti membenci, kecewa, bahkan terpancing emosi terhadap Negara Malaysia. kedua mahasiwa menyadari melalui media sosial di zaman yang berkembang ini, pengaruh Instagram sangat dirasakan dan dianggap sebagai alat yang cocok untuk melakukan propaganda, baik propaganda positif maupun negatif. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Propaganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:55
Last Modified: 15 Feb 2019 01:55
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item