RISMAYANI ANGELINA, NIM. 14270108 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN KOSAKATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI AHLIYAH IV PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
Text
RISMAYANI ANGELINA (14270108).pdf Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan kosakata (perencanaan penerapan, pelaksanaan penerapan, dan evaluasi penerapan), bagaimana hasil belajar siswa kelas III sebelum diterapkan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan kosa katapada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Ahliyah IV Palembang, bagaimana hasil belajar siswa kelas III sesudah diterapkan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan kosa katapada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Ahliyah IV Palembang, dan adakah pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan hasil belajar siswa kelas III sebelum diterapkan model pembelajaran scramblepada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Ahliyah IV Palembang, untuk mengetahui bagaimana keterampilan hasil belajar siswa kelas III sesudah diterapkan model pembelajaran scramblepada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Ahliyah IV Palembang, dan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen Pre-ExperimentalDesign (nondesign) bentuk one-group pretest-postest design. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Ahliyah IV Palembang yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan teknik dokumentasi. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan TSR, dan rumus statistik uji “t”. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dihitung menggunakan TSR menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran scramble tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata (mean) yakni 81,42. Sedangkan hasil belajar yang tidak menerapkan model pembelajaran scramble tergolong rendah (mean) yakni 45. Dibuktikan dengan melihat perbandingan dengan uji t jika t tabel < t hitung > t tabel atau 2,16 < 4,40 > 3,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ahliyah IV Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 06:29 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 06:29 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3676 |
Actions (login required)
View Item |