PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS GAMBAR KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

Risa Dwiyanti, NIM. 14270107 (2018) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS GAMBAR KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RISA DWIYANTI (14270107).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh Model Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Ma’had Islamy palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah siswa yang tidak terfokus pada saat proses kegiatan belajar dan mengajar sehingga menyebabkan hasil belajar IPA siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang menjadi di bawah KKM. Melalui Model Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun ini diharapkan mampu membuat siswa lebih bersemangat dan antusias lagi dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, khususnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metodologi penelitian pada skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif eksperimental. Jenis penelitiannya yaitu True Experimental Design bentuknya Posttest-Only Control dalam design ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R).populasi dalam penelitian ini siswa-siswi MI Ma’had Islamy Palembang kelas V A dan V B. Kelas V A berjumlah 15 orang, Sedangkan kelas V B berjumlah 15 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan jenis sampel Nonprobability dengan teknik penentuan sampel yaitu sampling jenuh bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa Ma’had Islamy Palembang sebelum diterapkan model Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun, dapat dilihat siswa yang mendapat kategori tinggi ada 3 siswa (20%) termasuk kategori tinggi, 11 siswa (73%) termasuk kategori sedang, dan 1 siswa (6%) dalam kategori rendah. 2) Hasil belajar siswa Ma’had Islamy Palembang setelah diterapkan model Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun yaitu siswa yang mendapat kategori tinggi sebanyak 4 siswa (27%) termasuk kategori tinggi 9 siswa (60%) termasuk kategori sedang , dan 2 siswa (13%) dalam kategori rendah. 3) pengaruh model Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun yang terdapat perbedaan yang signifikan Karena t o = 5,32 lebih besar dari t tabel baik pada taraf 5 % maupun taraf 1 %, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’had Islamy Palembang. Kata kunci : Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:31
Last Modified: 20 Feb 2019 08:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item