Pengaruh strategi learning stars with a question terhadap aktivitas siswa kelas IV di MI Hijriyah II Palembang

Resinta Rahmayani, NIM.14270100 (2018) Pengaruh strategi learning stars with a question terhadap aktivitas siswa kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RESINTA RAHMAYANI (14270100).pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh strategi learning starts with a question terhadap aktivitas siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Peneliti mengangkat judul tersebut karena kurangnya aktivitas pada siswa, pada guru karena kurang melibatkan siswa dalam aktivitas sehingga siswa kurang aktif dan takut dalam belajar matematika. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan strategi learning stars with a question pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang ? bagaimana aktivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang ? adakah pengaruh penggunaan strategi learning starts with a question pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang ?. Jenis dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian eksperimen dengan purposive sampling ada tujuannya dari nilainya sama. Bentuk penelitian ini adalah true pre-experimental design yaitu posttest - only control design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini kelas IV B dan IV C yang berjumlah 152 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 75 siswa. Hasil penelitian ini yaitu hasil observasi siswa, sebelum diterapkan strategi learning starts with a question, nilai yang tergolong tinggi (21,05%),nilai tergolong sedang (57,9%), nilai tergolong rendah (21,05%) sedangkan setelah diterapkan strategi learning starts with a question, nilai yang tergolong tinggi (29,73%), yang nilai tergolong sedang (45,95%), dan nilai yang tergolong rendah (24,32%). Hasil analisis observasi dari 21,05% menjadi 29,73% serta hasil angket sebelum diterapkan strategi learning starts with a question, nilai yang tergolong tinggi (21%), nilai yang tergolong sedang (50%), nilai yang tergolong sedang (45,94%), dan nilai yang tergolong rendah (10,81%) di MI Hijriyah II Palembang. Maka nilai t hitung observasi 15,08 dan t hitung angket 17,79 dengan rincian 1,77 < 15,08 > 2,37 dan 1,77 < 17,79 > 2,37, oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas kelas eksperimen yang menggunakan strategi learning starts with a question dan kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi learning starts with a question kelas IV mata pelajaran Matematika di MI Hijriyah II Palembang. Kata kunci : strategi learning starts with a question, aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:09
Last Modified: 21 Feb 2019 08:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item