PELAKSANAAN SISTEM SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

PRAPANCA, NIM. 14290089 (2018) PELAKSANAAN SISTEM SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
PRAPANCA (14290089).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat berperan penting dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Oleh sebab itu proses penerimaan peserta didik baru sangatlah penting untuk dilaksanakan setiap akan memasuki tahun ajaran baru. Dalam kegiatan ini sebelum dilaksanakannya penerimaan peserta didik di sekolah yang bersangkutan, terlebih dahulu mengadakan rapat penerimaan peserta didik baru yang mana didalam rapat tersebut dibahas perencanaan peserta didik yang diterima, kriteria penerimaan, prosedur penerimaan, seleksi penerimaan dan kelulusan. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan sistem seleksi penerimaan peserta didik di SMP Negeri 3 Palembang dan juga untuk mengetahui faktor yang mendukung dan penghambat dalam kegiatan seleksi tersebut.Kemudian untuk memperoleh data, penulis mengunakan alat pengumpulan data terdiri dari; wawancara, observasi dan dokumnetasi dengan mengunakan pendekatan kualitatif ialah bertujuan untuk mengambarkan kegiatan pelaksanaan sistem seleksi penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 3 Palembang dengan mengunakan analisis data sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi data. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem seleksi penerimaan peserta didik di SMP Negeri 3 Palembang melalui prosedur sebagai berikut: Seleksi Adminitratif, PMPA, tes masuk dan UN. Adapun tes masuk yang harus dilalui oleh calon peserta didik terdiri dari mata pelajaran MIPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Adapun proses dalam penerimaan peserta didik sekolah melakukan pembentukan panitia, mengadakan rapat PPDB, membuat pengumuman, pendaftaran peserta didik, seleksi peserta didik, penentuan kelulusan peserta didik yang dinayatakn diterima di sekolah dan membuat laporan hasil dari PPDB. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan PPDB sebagai berikut: Sumber daya manusia, sarana dan prasarana, etika, pendanaan, animo masyarakat dan tidak diskriminatif dalam penerimaan peserta didik baru. Sedangkan faktor penghambatnya sebagai berikut: ada calon peserta didik dinyatakan lulus namun telat mendaftar ulang, dan daya tampung sekolah tersebut. Kata kunci: pelaksanaan, sistem seleksi, penerimaan peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:27
Last Modified: 28 Feb 2019 07:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item