PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MI HIJRIYAH II PALEMBANG

NURHAYATI, NIM. 14270087 (2018) PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
NURHAYATI (14270087).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Hijriyah II Palembang “. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, 1). Bagaimana penerapan Metode PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Hijriyah II Palembang.? 2). Bagaimanakah Hasil Belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen Metode PQ4R Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Hijriyah II Palembang.? 3). Bagaimanakah pengaruh Metode PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Hijriyah II?. Penelitian ini merupanakn jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk design true-exsperimental dalam bentuk posttest-only control group. Pengambilan sampel dilkukan dengan cara simple random sampling. Adapun populasi siswa kelas V yang berjumlah 136 siswa, dengan sampel kelas VA dan VD. Dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test, Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat pengaruh penerapan motode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa kelompok kontrol dikategorikan tinggi berjumlah 8 orang (23%), kategori sedang 21 orang (60%), dan kategori rendah 6 orang (1%). Sedangkan hasil belajar siswa kelompok eksperimen Dikategorikan tinggi berjumlah 11 orang (32), kategori sedang 20 orang (59%), dan kategori rendah 3 orang (9%). Berdasarkan analisis data dengan rumus t-test adalah nilai perhitungan t-test lebih besar dari pada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,00 3,57 2,65, diterima dan di tolak. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini, yakni terdapat pengaruh penerapan metode PQ4R terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:21
Last Modified: 04 Mar 2019 03:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item View Item