STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MAN 1 BANYUASIN

NOVI INDRIANI, NIM. 14 21 0314 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MAN 1 BANYUASIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
NOVI INDRIANI (14 21 0314).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Munculnya fenomena tentang menurun kualitas akhlak di mana-mana, seperti pelecehan seksual, perampokan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu semakin berkembangnya ilmu yang disalah gunakan menjadi pemicu kejahatan lainnya. Dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkan strategi yang sesuai dan efektif yang dapat digunakan guru untuk mendidik para siswa. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana kondisi/keadaan akhlak siswa MAN 1 Banyuasin? Kedua, bagaimana strategi yang di gunakan oleh guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN 1 Banyuasin? Ketiga, apa saja faktor yang menghambat dan mendukung guru dalam menginternaisasikan nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN 1 Banyuasin?. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui kondisi akhlak siswa, untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam menginternalisasikan nilai- nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai- nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN 1 Banyuasin. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menjelaskan secara terperinci data-data yang disajikan dalam bentuk kata-kata. Metode yang digunakan antara lain adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu guru akidah akhlak dan sumber data sekunder yang berasal dari wawancara kepala sekolah, siswa, serta dokumentasi dan bahan-bahan pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan sehingga mendapat data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1. Sikap/akhlak siswa di MAN 1 Banyuasin dapat dikategorikan mempunyai akhlak yang baik meskipun ada beberapa siswa yang kurang mempunyai akhlak yang baik. Tetapi dari seiring waktu masih bisa di perbaiki dengan selalu di bina kearah yang lebih baik tentunya. 2. Strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa yaitu diantaranya: Keteladanan, Pemberian Nasihat, Perumpamaan, serta hukuman. 3. Faktor pendukung dalam menunjang keberhasilan strategi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa diantaranya dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar Sedangkan Faktor penghambat di antaranya : 1) terbatasnya pengawasan pihak sekolah. 2) kesadaran para siswa, 3) kurangnya sarana dan prasaranan, guna menunjang strategi guru dalam menginternalisasi nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa maka juga harus ada kegiatan-kegiatan yang bisa mendukungnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:59
Last Modified: 04 Mar 2019 06:59
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3752

Actions (login required)

View Item View Item