STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK MARJINAL Pada Rumah Singgah Save Street Child di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang

Mukhsinin, NIM. 13510033 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK MARJINAL Pada Rumah Singgah Save Street Child di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
MUKHSININ (13510033).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Rumah Singgah Save Street Child (SSC) merupakan satu tempat di lingkungan TPSA Sukawinatan yang menaungi anak-anak marjinal untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan. Latar belakang anak marjinal yang terbiasa dengan kerasnya kehidupan dan umumnya berasal dari masyarakat ekonomi rendah serta kurangnya perhatian dan pendidikan dari orang tua, menjadikan anak marjinal cenderung bertempramen kasar serta sering berkata dan berperilaku kasar. Belum lagi berbagai kebiasaan buruk dalam hal kebersihan diri, sopan santun, dan berbagai kenakalan lainya. Tentu dalam melakukan pembentukan akhlakul karimah anak marjinal membutuhkan strategi yang tepat. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana strategi komunikasi persuasif dalam membentukan akhlakul karimah anak marjinal pada rumah singgah Save Street Child di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah menyoroti komunikasi persuasif yang diterapkan di Rumah Singgah SSC dan faktor penghambat serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengajar di Rumah Singgah Save Street Child sedangkan penentuan sampel menggunakan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Miles & Huberman, yakni dengan tiga tahap: reduksi data, penyajian data serta penarikan dan pengujian kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data, penelitian ini menggunakan tekhnik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi persuasif dalam membentuk akhlakul karimah anak marjinal di Rumah Singgah SSC meliputi tiga tahapan yaitu: perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Sedangkan faktor hambatanya datang dari berbagai faktor, diantaranya faktor lingkungan, orang tua, respon yang kurang baik dari masyrakat, dana dan tempat yang cukup jauh dan aksesnya cukup sulit, serta pasang surut pengajar. Usaha mengatasi hambatan yang dilakukan Rumah Singgah SSC diantaranya dengan melakukan pendekatan kepada anak marjinal dan orang tua, saling menguatkan dan saling pengertian antar pengajar, dan membuat berbagai kerajinan untuk dijual sedang hasilnya untuk kas. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Akhlakul Karimah, Anak Marjinal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 05 Mar 2019 07:14
Last Modified: 05 Mar 2019 07:14
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3766

Actions (login required)

View Item View Item