KARAKTERISTIK SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW

Ahmad Sulaiman, Ahmad (2019) KARAKTERISTIK SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Ahmad Sulaiman.pdf

Download (667kB) | Preview
Official URL: http://pps.radenfatah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Disertasi ini berjudul “Karakteristik Sistem Pendidikan Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW”. Alasan mendasar perlunya penelitian ini diteliti, karena kajian ilmu pendidikan Islam bercorak historis yang menggali dan merumuskan konsep pendidikan Islam dari data-data empiris dalam sejarah Nabi Muhammad SAW belum banyak dilakukan. Selama ini kajian sejarah Nabi Muhammad SAW lebih banyak melihat fakta sejarah dari perspektif peristiwa sejarah saja tanpa ada perumusan konsep yang berhubungan dengan sistem pendidikan Islam, Tujuan dilakukannya analisis ini adalah untuk menjelaskan dan mengidentifikasi karakteristik sistem pendidikan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan obyek penelitian buku-buku sejarah Nabi Muhammad SAW dan didukung oleh beberapa buku lain. Berhubungan dengan penelitian ini, maka secara umum dilakukan dengan empat langkah, yaitu, heuristik, kritik, interpretasi, historiografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Penelitian ini menemukan, bahwa: pertama, input pendidikan Nabi Muhammad SAW adalah semua umat (education for all), baik itu Muslim atau kafir, tanpa melihat status sosialnya. Kedua, prosesnya, di antaranya, Nabi Muhammad SAW dalam mendidik para peserta didiknya menggunakan beberapa jenjang yaitu (a) pendidikan anak, lebih menekankan metode kasih sayang; (b) pendidikan remaja, lebih menekankan metode menumbuhkan kepercayaan diri; (c) pendidikan dewasa, lebih menekankan metode penghormatan. Ketiga, Nabi Muhammad SAW memiliki kebijakan, mengirim para pendidik ke luar kota untuk mendidik peserta didik yang di luar kota. Keempat, outputnya, ada dua yaitu, (a) dari aspek kuantitas, bahwa data sejarah ketika Nabi Muhammad SAW wafat, jumlah peserta didiknya mencapai 200.000 peserta didik hanya ditempuh waktu kurang lebih 23 tahun lamanya; (b) dari aspek kualitas, hal itu bisa dilihat para peserta didiknya yang banyak mempunyai keahlian, di antaranya Umar bin Khattab ahli hukum, Abdullah bin Abbas ahli tafsir al-Qur’an, dan lain-lain. Karakteristik sistem pendidikan pada masa Nabi Muhammad SAW, yaitu: pertama, jiwa semangat masyarakat (pendidik atau peserta didik) untuk memperhatikan pendidikan sangat tinggi, tanpa ada sedikit untuk mencari suatu imbalan, dan mereka hanya semata-mata mencari ridha Allah SWT. Kedua, materi yang sangat disakralkan mayoritas mengacu kepada materi Al-Qur’an. Kata Kunci: Sistem, Pendidikan Islam, Nabi Muhammad SAW

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pendidikan Islam, Nabi Muhammad SAW
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:37
Last Modified: 21 May 2019 02:37
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3801

Actions (login required)

View Item View Item