PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) FAKULTAS ILMU TARBIYAHDAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Baldi Anggara, Baldi (2019) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) FAKULTAS ILMU TARBIYAHDAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Baldi Anggara.pdf

Download (652kB) | Preview
Official URL: http://pps.radenfatah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul“PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) FAKULTAS ILMU TARBIYAHDAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG’’. Latar belakang pemilihan judul ini didasarkan pada kajian empiris dan teoritis, bahwa kemampuan mahasiswa dalam membaca dan menulis al-Quran ditingkat FITK khususnya prodi PAI belum memuaskan. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa ketika membaca dan menulis al-Quran masih belum lancar dan fasih serta menulis belum baik dan benar. Ketidaklancaran itu nampak ketika mahasiswa membaca al-Quran masih terbata-bata. Bahkan kekurangfasihan mahasiswa dalam melafalkan huruf-huruf al-Quran terlihat pada sulitnya mereka mengucapkan dengan fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid atau tata cara membaca al-Quran.Dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ditetapkan bahwa kualifikasi lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam sesuai Rumusan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi PAI mahasiswa wajib memiliki keterampilan umum di antaranya, yaitu mampu membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilatarbelangi oleh beberapa rumusan masalah yaitu pertama, Bagaimana program pembinaanbaca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang telah dilaksanakan; kedua, Bagaimana hasil program pembinaan baca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang telah dicapai; ketiga,Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan program pembinaan baca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa; keempat, Bagaimana hasil pengembangan program pembinaanbaca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di FITK UIN RF Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan program pengajaran. Modelpengembanganyang dipakai model desain Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini tujuh tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji lapangan, dan revisi produk akhir.Prosedur pengembanganmengembangkan produk dan memvalidasi produk. Dari hasil posttest membaca dan menulis al-Quran yang dilakukan terhadap 30 mahasiswa yang mendapatkan keterangan jayyid jiddan 18 orang mahasiswa (57%), artinya nilai membaca mahasiswa masih belum memenuhi target yang ditetapkan 75% dengan keterangan jayyid jiddan. Sedangkan nilai menulis yang diperoleh mahasiswa mendapatkan keterangan jayyid jiddan atau baik sekali 7 orang mahasiswa (23%). Jadi nilai mahasiswa dalam membaca dan menulis al-Quran belum terpenuhi. Hal ini dikarenakan waktu pembinaan seharusnya 12 kali pertemuan dijadikan 7-8 kali pertemuan, dan tidak setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan dalam mempratikkan membaca dan menulis al-Quran.Hasil akhir produk berupa bahan cetak, yaitu kurikulum baca tulis al-Quran, buku pedomandosen pembina, dan buku pedoman baca tulis al-Quran mahasiswa Prodi PAI.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:37
Last Modified: 21 May 2019 02:37
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3802

Actions (login required)

View Item View Item