PROSES PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG

JUMMIANA, JUMMIANA (2019) PROSES PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Jummiana (1).pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://pps.radenfatah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Upaya menjaga mutu sulit dilepaskan dari manajemen mutu, di mana semua fungsi manajemen baik itu Planning, Organizing, Actuating maupun Controlling (POAC) yang dijalankan oleh manajer pendidikan diarahkan agar semua layanan yang diberikan dapat semaksimal mungkin atau melebihi harapan pelanggan. Untuk itu diperlukan upaya pengendalian mutu. Dalam manajemen mutu mengendalikan suatu produk setelah dihasilkan bisa menghadapi resiko terjadinya suatu produk yang tidak sesuai dengan standar yang diharapkan, maka itu diperlukan upaya pengelolaan mutu dalam bentuk jaminan mutu bahwa semua aspek yang terkait dengan layanan pendidikan yang diberikan mencapai standar mutu tertentu sehingga output yang dihasilkan sesuai dengan standar. Suatu jasa yang berorientasi pada mutu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui jaminan mutu agar tidak terjadi keluhan-keluhan pelanggan dan dari pihak produsen tidak melakukan kesalahan-kesalahan (zerro defect). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penjaminan mutu sekolah, strategi dan implementasi pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, strategi dan implementasi pemenuhan Standar ciri khas sekolah, dan menyusun dokumen sistem penjaminan mutu Internal sekolah pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Izuddin Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan studi kasus tunggal. Data dikumpulkan dengan menggunakan studi dokumen, wawancara, dan observasi, kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa sistem penjaminan mutu merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan suatu sekolah. Penjaminan mutu sekolah diawali dengan penetapan standar mutu yang diinginkan oleh suatu sekolah melalui proses diskusi panjang mulai dari visi, misi dan harapan para pendiri terhadap sekolah tersebut. Setelah standar ditetapkan lalu dilaksanakan dan diupayakan untuk memenuhi standar tersebut diiringi dengan audit internal dan eksternal dilanjutkan dengan rekomendasi peningkatan mutu. Temuan penelitian ini adalah SDIT Izzuddin Palembang dalam penjaminan mutu sekolahnya fokus utamanya adalah mengadakan unit-unit khusus yaitu Manajer Sumber Daya Manusia, Ketua Izzuddin Training Center dan Manajer Controlling. Ketiga unit inilah yang memantau secara berkelanjutan proses penjaminan mutu di SDIT Izzuddin Palembang. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian UNDP bahwa mutu suatu sekolah ditentukan oleh, pertama: guru (48%), manajemen (30%) dan sarana prasarana (22%). Artinya perhatian utama dalam penjaminan mutu harus difokuskan kepada SDM (guru), lalu manajemen dan terakhir baru sarana prasarana. Selanjutnya SDIT Izzuddin Palembang mampu melampaui standar minimal akreditasi dan memiliki nilai lebih (internally driven) yang memberi daya tarik bagi para orang tua (konsumen) dan hasilnya para orang siswa merasa puas terhadap hasil yang diperoleh anak-anak mereka. Hal ini menjadi “lesson learn” bagi sekolah yang ingin bermutu dan diminati orang tua adalah membuat nilai lebih sesuai dengan harapab para otang tua (konsumen). Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada pengelola sekolah untuk dapat menjadi bahan masukan agar terus memperkuat sistem penjaminan mutu internalnya, lebih khusus pada aspek ketenagaan terutama guru, sehingga ketercapaian standar mutu dapat lebih optimal. Untuk kementerian Pendidikan nasional dapat menjadi bahan masukan untuk dapat menindak lanjuti dengan merumuskan konsep sistem penjaminan mutu sekolah dasar sehingga mutu sekolah tidak sekedar dipatok dari hasil akhir namun dijaga dan dilihat dari keseluruhan proses pendidikan. Dan untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut tentang peran strategis manajer controlling dan manajer sumber daya manusia di SDIT Izuddin Palembang dalam peningkatan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:38
Last Modified: 21 May 2019 02:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item