Andriyani, Ufi Nurul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUSSALAM SIDOGEDE KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur ? Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan setelah diterapkan Model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur? Apakah ada pengaruh penerapan Model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran examples non examples , untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran examples non examples, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan rumus statistik yaitu analisis uji tes “t”. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dalam perhitungan (t_o = 9,86) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (t_(t.ts5%) = 2,13 dan t_(t.ts.1% )= 2,95) maka dapat diketahui bahwa t_o adalah lebih besar dari pada t, yaitu: 2,13 <9,86>2,95. Dari perhitungan diatas dapat didapat t_o> t_t sehingga Hupotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV MI Nurussalam Sidogede” diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Examples Non Examples, Meningkatkan Hasil Belajar, eksperimen. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 03:34 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 03:34 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |