PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SYAIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL: MODUL DAN COMPACT DISC UNTUK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH DI PALEMBANG

ZAHRA A., ZAHRA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SYAIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL: MODUL DAN COMPACT DISC UNTUK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH DI PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Zahra Alwi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://pps.radenfatah.ac.id/

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SYAIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL: MODUL DAN COMPACT DISC UNTUK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH DI PALEMBANG ABSTRAK Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa belum tersedianya bahan ajar sastra, khususnya syair, yang sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Dalam kondisi kehidupan masyarakat yang mengalami krisis moral, sebenarnya sastra dapat dijadikan ‘penolong’ karena pembelajaran sastra selain dapat membantu siswa gemar membaca dan menulis, juga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kepribadian siswa. Sastra selain memiliki keindahan juga memiliki manfaat (dulce et utile). Syair merupakan salah satu jenis karya sastra lama yang berasal dari Persia, berkembang di Melayu, dan menjadi salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari siswa di kelas IX MTs. Secara umum rumusan masalah peneli-tian ini adalah, “Bagaimana produk pengembangan bahan ajar syair berbasis kearifan lokal, dalam bentuk modul dan compact disc untuk kelas IX MTs di Palembang?” Tujuannya menghasilkan produk berupa modul dan compact disc bahan ajar syair berbasis kearifan lokal untuk kelas IX MTs di Palembang. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini mengadaptasi model Meredith D. Gall Jolly and Bollito dalam Brian Tomlinson, dan teori Martin Tessmer. Lang-kah-langkah yang dilakukan meliputi: identifikasi masalah dan analisis kebutuhan; perencanaan, pengembangan dan penyusunan desain produk awal, expert review, main product revision, one-to-one evaluation, small group evaluation, final product revision, field test, serta dissemination and implementation. Teknik pengumpulan data mengguna-kan dokumen, angket, wawan-cara, dan tes. Subjek penelitian ini siswa dan guru kelas IX MTs di Palembang, data awal diperoleh dari MTs N1, MTs Aisyiyah, dan MTs Patra Mandiri, data uji kepraktisan dan keefektifan di MTs N 1 Palembang. Selain siswa dan guru, penelitian ini juga melibatkan 4 dosen ahli sebagai validator. Analisis data dila-kukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara umum hasil penelitian ini berupa produk pengembangan bahan ajar syair berbasis kearifan lokal, dalam bentuk modul dan compact disc (selanjutnya disingkat CD) untuk kelas IX MTs di Palembang. Secara khusus, diperoleh jawaban dari seluruh prosedur yang dilakukan, mulai tahap identifikasi masalah dan analisis kebutuhan, sampai tahap diseminasi dan implementasi.Modul dan CD bahan ajar syair berbasis kearifan lokal yang sudah diujicobakan ini, sudah sesuai dengan kebutuhan di lapangan, sejalan dengan harapan yang disampaikan oleh peserta didik berdasarkan hasil uji kepraktisan, dan memiliki efek potensial berdasarkan hasil uji lapangan. Selanjutnya bahan ajar tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran syair di sekolah. Hasil penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat membantu guru dalam membelajarkan dan mempraktikkan bahan ajar syair pada siswa kelas IX MTs di Palembang agar pembelajaran lebih komunikatif, variatif, dan menyenangkan. Bahan ajar tersebut mengajarkan siswa untuk mengenal kearifan lokal dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di dalamnya, sehingga siswa dapat mengenal, memahami, dan menumbuhkan rasa cinta pada potensi lokal, serta ikut melestarikan kearifan lokal tersebut sebagai sesuatu yang ada dan berkembang di masyarakat. Kepada guru disarankan untuk dapat memanfa-atkan bahan ajar ini. Keterbatasan penelitian ini, yaitu pada pelaksanaan uji coba pemakaian serta pada diseminasi dan implementasi. Untuk itu, kepada peneliti yang akan melakukan penelitian tentang syair dan pembelajarannya, dapat menindaklanjuti penelitian ini dengan mengatasi seluruh keterbatasan penelitian dan pengembangan yang sudah dilakukan, atau memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan ini untuk penelitian sejenis .

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar syair, modul dan compact disc (CD), kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:39
Last Modified: 21 May 2019 02:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3823

Actions (login required)

View Item View Item