ANALISIS FAKTOR DOMINAN KECERDASAN JAMAK PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUASIN

BELLA PERMATASARI, NIM. 14210036 (2019) ANALISIS FAKTOR DOMINAN KECERDASAN JAMAK PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUASIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
COVER DAN LAIN.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah penelitian. Kecedasan ataupun bakat yang dimiliki oleh para siswa/siswi di sekolah seharusnya sudah diketahui oleh masing-masing siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan apa yang paling dominan yang ada pada diri siswa tersebut. Rumusan masalah. Bagaimana Mengidentifikasi Kecerdasan Jamak Pada Siswa Di MAN 1 Banyuasin Khususnya Pada Kelas XI IPA III ? Kecerdasan Jamak Apa Yang Paling Dominan Siswa di Kelas XI IPA III? Faktor-Faktor Apa Sajakah Yang Menumbuhkembangkan Dominan Kecerdasan Jamak Pada Siswa di Kelas XI IPA III? Tujuan penelitian untuk mengetahui kecerdasan verbal-lingusitik dan kinestetik pada siswa di MAN 1 Banyuasin khususnya pada kelas XI IPA III Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menumbuhkan kecerdasan verbal-linguistik pada siswa XI IPA III. Metodologi penelitian menggunakan jenis data lapangan dengan pendekatan kualitatif. Jenis data berupa kata-kata bukan angka karena peneliti menggunakan jenis data kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Data primer, yaitu data dikumpulkan melalui pihak pertama didapat melalui wawancara. Data sekunder, yaitu data pendukung dari buku-buku. Informan penelitian, yaitu guru Bimbingan KIonseling, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Siswa. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dari analisis kecerdasan jamak pada siswa di MAN 1 Banyuasin adalah dalam mengisdentifikasi kecerdasan pada siswa dilihat dari karakteristik atau karakteristik yang ada pada masing-masing kecerdasan, bisa diidentifikasi melalui kegiatan pembelajaran dikelas maupun kegiatan ekstrakulikuler di lingkungan sekolah tersebut. siswa yang dominan pada kecerdasan kinestetik lebih mendalami ke bidang olahraga ataupun yang berhubungan dengan gerak badan atau psikomotorik, sama halnya dengan siswa yang dominan pada kecerdasan linguistik siswa lebih pandai dalam mengolah kata dan bahasa Kesimpulannya ialah anak mempunyai kemampuan yang berbeda antara anak satu dengan anak-anak lainnya dalam hal belajar. Memang benar anak yang cerdas selalu dikaitkan dengan anak yang pandai dalam pembelajaran matematika dan bahasa, tetapi anak yang kurang dalam pembelajaran itu merasa kemampuannya seperti terabaikan, padahal setiap anak memiliki potensi yang sama untuk berkembang hanya saja cara belajar yang di dapat anak itu belum tepat. Menghargai setiap perbedaan anak penting ketimbang harus memberikan julukan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 23 Mar 2019 02:44
Last Modified: 23 Mar 2019 02:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item