PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZHARYAH 12 ULU PALEMBANG (Skripsi)

Jumaya, Jumaya (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZHARYAH 12 ULU PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS yang ada di tingkat Madrasah Ibtidaiyah sangat menarik jika disampaikan oleh guru dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, sedangkan media ataupun metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan mata pelajaran IPS terkenal hanya dengan menggunakan metode ceramah atau metode konvensional saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan media kartun terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Azharyah 12 ulu Palembang? bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Azharyah 12 ulu Palembang? dan apakah ada hubungan antara penerapan media kartun terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran IPS di MI Azharyah 12 ulu Palembang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penerapan media kartun terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Azharyah 12 ulu Palembang. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Azharyah 12 ulu Palembang. dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penerapan media kartun terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran IPS di MI Azharyah 12 ulu Palembang Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen yakni penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 75 orang siswa kelas IV yang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 39 siswa perempuan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan data yaitu : observasi yaitu untuk mengamati secara langsung ke tempat lokasi penelitian terutama mengenai lokasi, dan cara belajarnya. Metode test untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah media kartun diterapkan, dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan sarana prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan media kartun pada kelas eksperimen yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang siswa (20,51%), nilai sedang ada 23 orang siswa (58,97 %) dan nilai rendah ada 8 orang siswa (20,51%). Dengan demikian, hasil belajar siswa yang menggunakan media kartun tergolong baik. Sedangkan hasil belajar siswa yang didapat pada kelas kontrol adalah 74,66 dibulatkan menjadi 75, dengan kategori nilai tinggi ada 9 orang siswa (25%), nilai sedang ada 17 orang (47,22%) dan nilai rendah ada 10 orang siswa (27,77%). Berdasarkan analisis data dengan rumus tes t adalah nilai perhitungan tes t lebih besar dari pada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 1,993 < 4,465 > 2,646 Ha diterima dan Ho. maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh hasil belajar yang menerapkan media kartun dengan yang tidak menerapkan media kartun siswa kelas IV mata pelajaran pada IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Azharyah 12 Ulu Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media kartun, hasil belajar, kelas eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:47
Last Modified: 28 Apr 2016 03:47
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item