STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR MENURUT PEMASARAN ISLAM DALAM PENINGKATAN MARKET SHARE PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KOPI BUBUK SAHABAT KOTA LUBUKLINGGAU

Fadly Maulana Taufik, NIM. 13190089 (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR MENURUT PEMASARAN ISLAM DALAM PENINGKATAN MARKET SHARE PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KOPI BUBUK SAHABAT KOTA LUBUKLINGGAU. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pengembangan pasar menurut pemasaran Islam dalam peningkatan market share pada UKM (Usaha Kecil Menengah) Kopi Bubuk Sahabat Kota Lubuklinggau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan pasar menurut pemasaran Islam yang dilakukan UKM Kopi Bubuk Sahabat dalam peningkatan market share dan mengetahui apa saja kendala dalam pengembangan pasar dalam peningkatan market share pada UKM Kopi Bubuk Sahabat. Obyek dari penelitian ini adalah UKM (Usaha Kecil Menengah) Kopi Bubuk Sahabat Kota Lubuklinggau. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi pengembangan pasar UKM Kopi Bubuk Sahabat kota Lubuklinggau dalam meningkatkan market share ternyata sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pemasaran Islam. Mulai dari kemasan yang berlabel halal sehingga konsumen tidak takut untuk mengkonsumsi kopi bubuk tersebut, mempromosikan produk harus jujur dan sesuai dengan produk yg dibuat, tidak menjelek-jelekan/ merusak nama produk kopi bubuk yang lain, dan yang terakhir UKM kopi bubuk Sahabat juga menerapkan empat sifat yang dimiliki Rasulullah saat berdagang yaitu: Siddiq (benar dan jujur), Amanah (terpercaya), Fathanah (cerdas), Tablig (komunikatif). Adapun kendala dalam pengembangan pasar dalam peningkatan market share pada UKM kopi bubuk sahabat yaitu adanya kelangkaan bahan baku kopi mentah, ketidakmampuan membaca pasar sasaran, faktor cuaca yang sering memburuk, kondisi perekonomian masyarakat yang tidak menentu, serta persaingan dengan produk- produk serupa yang lain Kata Kunci : Strategi, Pemasaran Islam, dan Market Share

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:00
Last Modified: 27 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item View Item