STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PAI BERDASARKAN PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MAHASISWA DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG

IKA RIANTI, NIM. 14210094 (2019) STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PAI BERDASARKAN PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MAHASISWA DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Karya Ilmiah.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Prestasi belajar merupakan keberhasilan yang tidak lepas kaitannya dengan kualitas dari suatu lembaga pendidikan, keberhasilan suatu lembaga pendidikan pula dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Mahasiswa prodi PAI memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda – beda, yaitu SMA,SMK,MA,MAN,dan Ponpes. Perbedaan latar belakang pendidikan ini akan mempengaruhi hasil prestasi belajar. Melalui dokumen transkrip nilai, ternyata tidak semua mahasiswa mendapatkan IPK tinggi. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar mahasiswa prodi PAI yang berlatar belakang pendidikan MAN 3 Palembang dengan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan di UIN Raden Fatah Palembang, apakah ada perbedaan yang signifikan mengenai prestasi belajar mahasiswa Prodi PAI berdasarkan perbedaan latar belakang pendidikan tersebut dan bagaimana faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Prodi PAI yang berlatar belakang pendidikan MAN 3 Palembang dengan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan di UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prestasi belajar mahasiswa prodi PAI yang berlatar belakang pendidikan MAN 3 Palembang dan Pondok Pesantren Qodratullah langkan, kemudian mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan mengenai prestasi belajar dari latar belakang pendidikan tersebut serta mendeskrispikan bagaimana faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa prodi PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi komparasi/perbandingan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PAI angkatan 2014, 2015 dan 2016 yang hanya berlatar belakang pendidikan MAN 3 Palembang dan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan, teknik yang digunakan dalam mengambil sampel yakni purposive sampling yaitu mengambil sampel dengan sengaja sebanyak mahasiswa yang berlatar belakang MAN 3 Palembang berjumlah 10 orang dan mahasiswa yang berlatar belakang Pondok Pesantren Qodratullah Langkan berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan MAN 3 Palembang tergolong kategori sedang (3,4 – 3,6) dengan persentase 60%, sedangkan mahasiswa prodi PAI yang berlatar belakang pendidikan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan tergolong katergori sedang pula (2,8 – 3,8) dengan persentase 93,3%. Berdasarkan hasil analisa statistik dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ho) dapat diterima, dengan perolehan data t o lebih kecil daripada t t pada taraf signifikansi 5% (2,07>1,27<2,81) tidak adanya perbedaan dua mean sampel yang signifikan. Jadi, kesimpulannya dengan membandingkan besarnya dua sampel di atas hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima, maka mahasiswa prodi PAI yang berlatar belakang pendidikan MAN 3 Palembang secara signifikan tidak ada perbedaan dengan mahasiswa prodi PAI yang berlatar belakang pendidikan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 29 Mar 2019 02:44
Last Modified: 29 Mar 2019 02:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item