Pembelajaran bahasa Arab kelas i'dad putri di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy Sungai Lilin

Lia Rahmadanty Sigalingging, NIM. 14260041 (2018) Pembelajaran bahasa Arab kelas i'dad putri di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy Sungai Lilin. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
الفصل الأولpdf.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
الفصل الخامسpdf.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Kelas I’dad yang telah dibuat pada saat Pondok Pesantren Assalam didirikan pada tahun 1987 tentunya masih perlu dipertanyakan apakah pembelajaran berlangsung dengan baik dan apakah murid bisa memahami pelajaran di kelas I’dad. Oleh karena itu, kegiatan proses pembelajaran di kelas I’dad sangatlah penting untuk dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “1. Bagaimana tujuan pembelajaran bahasa Arab kelas I’dad di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy?, 2. Bagaimana pelajaran di kelas I’dad di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy?, 3. Bagaimana metode yang digunakan di kelas I’dad di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami apakah proses pembelajaran bahasa Arab di kelas I’dad sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan kualitatif dan metode descriptive search dengan mengambil latar belakang kelas I’dad Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, ustadz pengampu pelajaran bahasa Arab kelas I’dad dan siswi kelas I’dad Pondok Pesantren Assalam. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting dan membuang yang tidak perlu. Kemudian menggunakan teknik penyajian data yaitu mengelompokan data sehingga memudahkan dalam memahami apa yang terjadi untuk dianalisis dan disimpulkan. Dan terakhir analisis verifikasi data yaitu menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan dari pembelajaran di kelas i’dad agar siswa mempunyai bekal yang memadai untuk mereka melanjutkan ke jenjang berikutnya. Kemudian, mata pelajaran bahasa Arab di kelas satu i’dad masih dasar yakni, dimulai dengan mempelajari banyak kosa kata dan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat, serta penghafalan. Adapun perencanaan pembelajaran di kelas I’dad ini tidak memakai RPP, dalam persiapannya guru hanya mempersiapkan materi dan contoh-contoh ketika mau mengajar, kemudia memilih latihan-latihan yang akan di kerjakan siswa, serta mengkaji materi sebelum mengajar. Khusus pelajaran bahasa Arab terdapat 14x pertemuan dalam seminggu yaitu dari hari senin-kamis. Adapun metode yang digunakan yaitu metode hadistah atau metode sam;iyyah syafawiyyah metode mubasyaroh, karena dalam proses pembelajaran tidak hanya fokus pada satu metode, terkadang pula guru melakukan permainan di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Apr 2019 02:46
Last Modified: 04 Apr 2019 02:46
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item