PENGARUH MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BUDAYA TOLONG MENOLONG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH SHIROTUL JANNAH 14 ULU PALEMBANG (Skripsi)

Saputra, Iwan (2016) PENGARUH MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BUDAYA TOLONG MENOLONG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH SHIROTUL JANNAH 14 ULU PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Media Komikdalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Budaya Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Shirotul Jannah Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini jarang menggunakan media dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media Komik dalam kegiatan pembelajaran. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan media Komik untuk melihat perbedaan pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Komik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media Komik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Shirotul Jannah Palembang? Bagaimana pemahaman siswa kelas II tentang budaya tolong menolong pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Shirotul Jannah Palembang? Apakah ada pengaruh penggunaan media Komik dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas II pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Shirotul Jannah Palembang tentang budya tolong menolong? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yaitu kelas II yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama pemahaman siswa (pretest) sebelum menggunakan media Komik memiliki rata-rata nilai yaitu sebesar 60,95 dan pemahaman siswa (posttest) setelah menggunakan media Komik memiliki rata-rata nilai yaitu sebesar 87,61. Kedua pengaruh media Komik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Shirotul Jannah Palembang dari hasil observasi guru semua indikator terlaksana dan dari hasil observasi siswa tergolong baik. Ketiga dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji ”t” di dapatkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 13 ,08) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (tt.ts.5% = 2, 09 dan tt.ts.1% = 2, 84) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt yaitu 2, 09 < 13, 08 > 2, 84. Dengan demikian dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan rumus test t diatas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media Komik dan sesudah menggunakan media Komik dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Shirotul Jannah Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Budaya, meningkatkan pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:38
Last Modified: 28 Apr 2016 06:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item