NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG DITANAMKAN MELALUI HALAQOH DI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) REFAH UIN RADEN FATAH PELEMBANG (Skripsi)

Bahri, Saipul (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG DITANAMKAN MELALUI HALAQOH DI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) REFAH UIN RADEN FATAH PELEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Saipul Bahri_TarPai.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG DITANAMKAN MELALUI HALAQOH DI LDK REFAH UIN RADEN FATAH PALEMBANG”. Pendidikan karakter merupaan unsur terpenting dalam pembentukan generasi muslim yang berkualitas. Fenomena dan realita kehidupan yang menampilkan perilaku-perulaku negatif dikalangan generasi muda terutama mahasiswa membuat kita harus mencari solusi untuk memperbaiki kondisi moral dan perilaku kearah yang lebih baik. Fenomena dan realita tersebut juga terjadi di lingkungan kampus. Hal inilah yang membuat LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang memberi solusi alternatif dengan melakukan program pembinaan terhadap mahasiswa secara kontinyu yaitu Halaqoh yang bertujuan membentuk generasi muslim yang sholeh terkhusus mahasiswa serta menekankan kepada nilai-nilai karakter atau akhlakul karimah. Halaqoh diharapkan mampu menjadi solusi efektif dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui halaqoh di LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang dengan menanamkan materi-materi yang mengandung nilai-nilai karakter serta implementasinya dalam kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa kuantitatif (persentase) yang didukung dengan teknik analisa deskriptif kualitatif yaitu melalui wawancara dan observasi serta dokumentasi untuk mendapatkan bahan-bahan yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Dalam penelitian ini, peneliti dengan dibantu oleh orang lain dalam melakukan pengumpulan data dari informan melalui wawancara, observasi, serta dikuatkan dengan dokumentasi. Dalam penelitian ini, informan sebagai sumber primer yang terdiri dari Mutarabbi atau peserta Halaqoh, Murabbi atau pembin Halaqoh, dan pengurus LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang, serta buku-buku yang berhubungan dengan Halaqoh sebagai pelengkap atau data sekunder. Hasil dari penelitian penulis, Halaqoh dilakukan dengan proses menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui materi-materi yang diajarkan serta melalui program-progran yang dilakukan dalam proses pembelajaran Halaqoh. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui halaqoh di LDK Refah meliputi nilai religius, kejujuran, bersahabat, disiplin, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli sosial, peduli lingkungan, dan gemar membaca. Nilai tersebut diimplementasikan dalam sikap dan sifat Mutarabbi dalam proses pembelajaran Halaqoh maupun diluar proses Halaqoh di LDK Refah. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui halaqoh di LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang dapat dikategorikan sedang atau cukup baik, terbukti dari 40 mutarabbi yang menjadi responden terdapat 34 orang mutarabbi atau 85% menyatakan sedang atau cukup baik. Sedangkan responden yang menyatakan tinggi 4 orang mutarabbi atau 10%, dan menyatakan rendah memiliki persentase 5% dengan jumlah mutarabbi 2 orang mutarabbi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Halaqoh, Mutarabbi, LDK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:07
Last Modified: 28 Apr 2016 08:07
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item