KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MA NURUL ULA BURAI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR (Skripsi)

Herliantika, Herliantika (2016) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MA NURUL ULA BURAI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Herliantika_TarPai.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajar dan Hubungannya Dengan Pembentukan Karakter Siswa di MA Nurul Ula Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir”. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar dan hubungannya dengan pembentukan karakter siswa di MA Nurul Ula Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir ? Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar dan hubungannya dengan pembentukan karakter siswa di MA Nurul Ula Burai. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional, yang berupa angka-angka yang di peroleh dari skor angket dan direalisasikan dalam bentuk tabel, sedangkan dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa-siswi MA Nurul Ula Burai yang berjumlah 115 siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 75 siswa. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Sedangkan sumber data sekunder adalah data penunjang yang dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan semua aspek yang menunjang penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus TSR, Presentase dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan pertama, kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar di MA Nurul Ula Burai adalah dalam kategori sedang, yaitu 55 responden dari 75 responden (73%) yang menyatakan demikian. Sedangkan 10 responden (13,33%) dalam kategori tinggi dan 10 responden (13,33%) dalam kategori rendah. Kedua, pembentukan karakter siswa di MA Nurul Ula Burai adalah 8 dari 75 responden (10,66%) berada dalam kategori tinggi, 56 responden (74,66%) berada dalam kategori sedang dan 11 responden (14,66%) dalam kategori rendah. Ketiga, Dengan demikian dapat diberikan satu interprestasi bahwa berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan diketahui bahwa antara Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajar Dengan Pembentukan Karakter Siswa tidak memiliki hubungan yang signifikan nilai rxy lebih kecil daripada nilai korelasi “r” product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 0,232>0,1785<0,302.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, pembentukan karakter, TSR.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 09:00
Last Modified: 28 Apr 2016 09:00
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item