ANALISIS SIMBOL BUDAYA KONTEMPORER PADA IKLAN ( Studi Metode Semiotika Iklan Bukalapak.com Versi Nego Cinchai) (Skripsi)

PRATAMA, WENDY ANDYAH (2019) ANALISIS SIMBOL BUDAYA KONTEMPORER PADA IKLAN ( Studi Metode Semiotika Iklan Bukalapak.com Versi Nego Cinchai) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Abstrak,Cover,Nota Pembimbing, Daftar Isi.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap budaya-budaya Tiongkok yang banyak ditampilkan dalam iklan Bukalapak.com versi Nego Cinchai. Iklan adalah salah satu media promosi untuk menawarkan barang dan jasa selain itu juga bisa digunakan untuk memperkenalkan budaya suatu daerah ke publik. Untuk mengetahui simbol budaya kontemporer yang terkandung dalam iklan ini, maka digunakan pendekatan semiotika dengan mengunakan model Roland Barthes. Sehingga penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos yang membahas budaya kontemporer dalam iklan Bukalapak.com versi Nego Cinchai. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, Melalui observasi yang diteliti dan kolaborasi dengan dokumendokumen yang relevan. Hasil penelitian dalam iklan Bukalapak.com versi Nego Cinchai ingin menunjukan bagaimana budaya asli dari negri tirai bambu Tiongkok yang dipengaruhi oleh etnis-etnis yang berada di Indonesia dengan Makna Denotatif iklan bukalapak.com nego cinchai ini diisi oleh karakter wanita tua dengan menggunakan baju khas dari Tiongkok berwarna merah dan bermotif naga, dengan di latar belakangi sebuah pintu vihara yang bercorak kebudayaan Tiongkok berhiaskan lampion lampion merah didepan vihara sambil membawakan alat hitung sempoa. Makna Konotatif iklan bukalapak.com nego cinchai dimulai dari perayaan Tahun Baru Imlek, Bukalapak meluncurkan sebuah ide video iklan yang bernuansakan perayaan Imlek yang menekankan suatu jinggle lagu yang digunakan untuk mempersuasi penonton dengan adanya lirik lagu yang menarik dan juga berciri khas budaya Tiongkok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:27
Last Modified: 06 Sep 2019 07:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item