HUBUNGAN KECERDASAN VERBAL SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG DENGAN KETERAMPILAN DISKUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Skripsi)

Sidauruk, Dini Febriani (2016) HUBUNGAN KECERDASAN VERBAL SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG DENGAN KETERAMPILAN DISKUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Dini Febriani Sidauruk_TarPai.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dengan judul : Hubungan Kecerdasan Verbal Terhadap Keterampilan Diskusi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah guru masih banyak yang beranggapan bahwa siswa hanya sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Padahal siswa merupakan subjek belajar, siswa mempunyai kecerdasan-kecerdasan yang membuat proses pembelajaran berlangsung dengan efektif. Salah satunya kecerdasan verbal. Siswa yang memiliki kemampuan berbicara di dalam diskusi merupakan bagian dari keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Kecerdasan Verbal Terhadap Keterampilan Diskusi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Palembang. Selanjutnya jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah 25 orang siswa. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer adalah pihak yang terkait yakni siswa yang berjumlah 25 orang siswa dan guru, sedangkan sumber data sekunder yaitu diperoleh dari buku-buku dan dokumentasi di SMA Negeri 5 Palembang. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, pertama, tingkat kecerdasan verbal dapat dikatagorikan sedang, terbukti dari 25 siswa sebagai responden terdapat 15 orang atau 60% menyatakan sedang, dikatagorikan sedang karena sebagian besar siswa memiliki kecerdasan verbal., kedua, Keterampilan Diskusi mata pelajaran PAI siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Palembang tergolong sedang karena hal ini terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi), dan didapatkan 11 orang atau 44% yang menyatakan sedang, karana Kecerdasan Verbal siswa memberikan kontribusi terhadap proses diskusi di kelas. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan verbal terhadap keterampilan diskusi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi product momentnya sebesar 0,83 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t ( t tabel ) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,396 dan pada taraf 1% 0,505. Ini berarti hipotesis penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukan bahwa hubungan antara kecerdasan verbal terhadap keterampilan diskusi mata pelajaran PAI mempunyai hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa kecerdasan verbal mempunyai hubungan yang positif dengan keterampilan diskusi pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal, Keterampilan, Kuantitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 03:23
Last Modified: 02 May 2016 03:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item