PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU 1 PALEMBANG (Skripsi)

Apriyana, Apriyana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang” merupakan model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 4-6 orang dengan struktur kelompok heterogen yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yanga akan dipelajari melalui bahan-bahan yang telah disediakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang? Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang ,untuk melihat hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan,untuk melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang. jenis penelitian Ekperimen one group pretest-posttest desaign yang merupakan bagian dari Pre-Experimental Desaign atau rancangan ekperimen yang sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang berpengaruh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 19 orang siswa kelas V Madrasah Al-Hikmah SU 1 Palembang. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah rumus tes”t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang pada materi berorganisasi dalam kategori baik. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa setelah dilakukannya pretest dan postest terdapat pengaruh yang signifikan antara model Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi berorganisasi baik pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2, 10 sedangkan pada taraf signifikansi 1 % sebesar 2, 88.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, hasil belajar, one group pretest-posttest design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 07:09
Last Modified: 02 May 2016 07:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item