KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS KECERDASAN MULTIPLE INTELEGENCE (Skripsi)

Nurhidayati, Nurhidayati (2016) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS KECERDASAN MULTIPLE INTELEGENCE (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Nurhidayati (NIM. 11210142) Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Kecerdasan Multiple Intelegence (IQ) Palembang Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menelusuri literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian (library Reseach) dilakukan dengan cara menyusun dan mengelompokan data yang ada, sehingga memberikan gambaran yang nyata terhadap responden. Dengan masalah Bagaimana Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Kecerdasan Intelegence (IQ). Yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Kecerdasan Intelegence (IQ). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif suatu pendapat dalam melakukan penelitian yang berorentasi pada fenomena atau gejala alam dan sosial, untuk menemukan pengertian dan pemahaman yang diuraikan dengan kata-kata. Sehingga pada hasil penelitian ini adalah penemuan teori baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis non statistik, yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis yang diwujudkan bukan dalam wujud angka melainkan dalam bentuk uraian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep Pendidikan Islam adalah suatu pengertian yang abstrak yang berkaitan dengan pendidikan, bersifat universal, mendasar dan teoretis. Dan merupakan wawancara manusia yang berada dalam pikirannya. Di dalam konsep pendidikan Islam diantaranya adalah landasan pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode pembelajaran pendidikan Islam, pendidik, peserta didik, dan lembaga pendidikan Islam. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan rangkaian upaya sistematis dan terprogram dalam melakukan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun dengan cara memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek perkembangan agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Sedangkan Kecerdasan Intelegence adalah kemampuan potensial umum untuk belajar dan bertahan hidup, dicirikan dengan kemampuan untuk belajar, berfikir abstrak, dan memecahkan masalah. Gardner menyatakan bahawa Multiple intelligence adalah suatu konsep pemikiran dapat diukur dengan penilaian IQ yang hanya menggambarkan dua kecerdasan saja, yaitu kecerdasan linguistik, logis-matematis, ruang (spatial), musik, kinestetik, intrapersonal, interpersonal dan kecerdasan naturalis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelegence, PAUD, Pendidikan Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 07:38
Last Modified: 02 May 2016 07:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item