PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERCELA DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG (Skripsi)

Yuniarti, Ismi (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERCELA DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting bagi Indonesia. Untuk mewujudkan pendidikan yang menghasilkan generasi-generasi yang aktif, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan produktif. Dalam menciptakan pembelajaran yang produktif dan dapat meningkatkan peran serta peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif. Berdasarkan permasalahan ini penulis tertarik mengadakan penelitian dan mengemukakan rumusan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang sebelum diterapkan Strategi Pembelajaran Kareatif Produktif? Bagaimana kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Kareatif Produktif? Apakah ada perbedaan kreativitas belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran kreatif produktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Selain itu untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran kreatif produktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Setelah dilakukan pengundian diperoleh kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Adapun jenis dan sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu kualitatif dan kuantitatif serta data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka. Setelah dilakukan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa sebelum diterapkan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif tergolong rendah. Kreativitas belajar siswa setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif tergolong baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang sebelum dan setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif terutama dalam materi akhlak tercela. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan perbedaan mean sebelum penerapan (56,25 %) dan setelah penerapan (82,6 %). Hasil uji hipotesis dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (to = 13,65) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt 5% = 2,03) dan (tt 1% = 2,72) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt yaitu 2,03 <13,94> 2,72. Jadi, hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif berpengaruh terhadap kreativitas siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Akhlak Tercela di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, cluster random sampling, produktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 08:01
Last Modified: 02 May 2016 08:01
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item